LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 Resmi Digelar, Berikut Penjelasannya.



edukasinfo.com | Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020. LKS diselenggarakan secara dalam jaringan (daring) untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Tema LKS tahun ini yakni "Melejitkan Prestasi di Bidang Vokasi di Masa Pandemi". Siswa-siswi SMK terbaik dari seluruh Indonesia, pendamping, dan tamu undangan menyaksikan pembukaan secara virtual. Pada acara pembukaan, Senin (19/20/2020), Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na`im menyampaikan apresiasinya atas semangat para peserta menghadapi tantangan di tengah pandemi.

 “Ada 42 bidang kompetensi yang akan menunjukan kemampuan diri dan menghadapi tantangan untuk memperoleh pengetahuan dan meningkatkan keterampilan. Kami optimis, (para peserta) dapat mencapai kesuksesan di masa depan,” kata Ainun Na`im.

42 kompetensi keahlian yang dilombakan mengacu kepada bidang keahlian teknologi dan rekayasa, energi dan pertambangan, teknologi informasi dan komunikasi, kesehatan dan pekerjaan sosial, agribisnis dan agroteknologi, kemaritiman, bisnis dan manajemen, pariwisata, seni dan kreatifitas.

Dikutip dari laman resmi Kemendikbud, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Kemendikbud, Asep Sukmayadi menyampaikan laporan terkait pelaksanaan LKS SMK Tingkat Nasional ke-XXVIII Tahun 2020 yang berlangsung sejak tanggal 18 s.d 24 Oktober 2020 merupakan perwujudan adaptasi kebiasaan baru.

"Seluruh penilaian dan penjurian dilakukan secara daring/online dengan memperhatikan protokol kesehatan," ucapnya.

Jumlah peserta yang mengikuti LKS Tahun 2020 sebanyak 932 peserta, 34 ketua kontingen Propinsi, 812 guru pembimbing dan melibatkan 145 juri atau expert serta 65 orang panitia. Kegiatan ini semula direncanakan akan dilaksanakan secara tatap muka langsung di Propinsi Kalimantan Selatan namun karena kondisi pandemi yang tengah melanda maka seluruh rangkaian LKS 2020 digelar secara daring.

“Kami sangat berharap acara ini dilangsungkan secara langsung, namun apa dikata situasi pandemi tidak memungkinkan. Harapan kami kegiatan LKS 2020 dapat berjalan sukses dan sesuai harapan,” harap Plt. Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan dalam sambutannya.

Adapun penjurian LKS SMK diselenggarakan secara paralel di beberapa lokasi berbeda. Berikut bidang lomba dan tempat penjurian yang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan lomba.

Bidang lomba Teknologi Desain Grafis, Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan, Teknologi Informasi Piranti Lunak untuk Bisnis, Teknik Perancangan Permesinan CAD, Teknik Desain Laman, Teknik Pengukuran, Teknologi Automobil, Tehnik Pengelasan, Tehnologi Mode, Seni Lukis, Teknik Media Cetak, Pembuatan Cabinet, serta Pembuatan Cabinet diselenggarakan di Hotel Bandung

Bidang lomba Teknologi Peternakan, Pemasaran Daring, Resepsionis Hotel, Servis Restoran, Teknik Pemasangan Tegel Keramik Dinding dan Lantai, serta Teknik Perawatan dan Perbaikan Sepeda Motor diselenggarakan di Hotel La Grande Bandung.

Bidang lomba Teknologi Pengolahan Pangan, Penataan Rambut, Kuliner, Nautika, Keperawatan Sosial dan Kesehatan, Pipa Ledeng dan Pemanas, serta Lanskap dan Pertamanan diselenggarakan di Hotel Courtyard.

Bidang lomba Elektronika, Teknik Instalasi Kelistrikan, Teknik Kontrol Industri, Mekatronika, Robotika, Sistem Otomasi Mesin Perkakas, serta Teknik Rekayasa Cetak Plastik diselenggarakan di Hotel Aryaduta.

Bidang lomba Teknik Rekayasa Cetak Plastik, Teknik Perancangan Model 3 Dimensi, Teknologi Kecerdasan Buatan, Komputasi Awan, Teknologi Keamanan Siber, serta Teknik Distribusi Telekomunikasi diselenggarakan di Hotel Aryaduta.

Bidang lomba Farmasi, Industri Pariwisata, serta Teknik Tata Udara dan Pendingin diselenggarakan di Hotel The Luxton.

Comments