FLS2N Tahun 2020 Telah Usai, Berikut Daftar Juaranya.



edukasinfo.com | Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sekjen Kemendikbud) telah resmi menutup kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan mengumumkan pemenangnya pada Sabtu, (03/10/2020). Kegiatan ditutup oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim secara virtual di Bandung.

Kondisi pandemi Covid-19 saat ini memaksa pelaksanaan FLS2N untuk pertama kalinya diselenggarakan secara daring. Meski demikian, FLS2N tetap terlaksana sesuai harapan. Hal ini membuktikan bahwa pandemi tidak menghalangi para siswa seluruh Indonesia untuk berkreasi dan berinovasi dalam sebuah kompetisi. Juara umum FLS2N tahun 2020 diraih oleh Provinsi Jawa Tengah. Keberhasilan Jawa Tengah sebagai juara umum setelah menyabet 15 (lima belas) medali dengan rincian yakni tujuh medali emas, tiga perak, dan lima perunggu.

Juara kedua diraih oleh Provinsi Jawa Barat dengan meraih enam medali emas dan tiga medali perak. Untuk posisi juara ketiga diduduki oleh Provinsi D.I Yogyakarta setelah berhasil memperoleh enam medali emas, dua medali perak, dan tiga medali perunggu. Perolehan medali dari ajang perlombaan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

FLS2N merupakan ajang kompetisi tahunan yang menampilkan potensi siswa di bidang seni pertunjukkan dan seni penciptaan. Peserta FLS2N berasal dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Pendidikan Khusus serta Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).



Mendikbud RI, Nadiem Anwar Makarim dalam acara penutupan FLS2N menyampaikan motivasi dan apresiasi kepada para pemenang lomba. "Kemenangan kalian adalah  prestasi kita semua. Menjaga semangat dan optimisme di masa pandemi ini memang tidak mudah. Tapi para pemenang telah menunjukkan bahwa pandemi tidak menghalangi inovasi, meskipun banyak keterbatasan tapi tetap bisa berkarya dan berekspresi," ucap Nadiem.



Comments