Juara Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke-28 Tahun 2020



edukasinfo.com | Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi menutup dan mengumumkan juara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020. LKS ditutup secara virtual pada, Jum'at (23/10/2020).

LKS ke-28 yang berlangsung pada tanggal 18-23 Oktober 2020 lalu itu, diikuti oleh 932 peserta dari 533 sekolah di 34 provinsi di Indonesia. Kompetisi tersebut merupakan upaya pemerintah mengasah kemampuan peserta didik SMK, dan dinilai oleh 129 anggota dewan juri dan 93 asisten juri. Terdapat 42 orang peraih medali emas, 42 orang peraih medali perak, dan 42 orang peraih medali perunggu dengan total 126 peraih dan 297 peraih Medallion for Excellence atau superior.

Juara umum LKS ke-28 pada tahun ini adalah Provinsi Jawa Tengah setelah meraih sembilan medali emas, sepuluh medali perak, dan tujuh medali perunggu medali. Juara kedua diraih oleh Provinsi Jawa Timur dengan meraih sembilan medali emas, enam medali perak, dan empat medali perunggu. Selanjutnya, Provinsi DKI Jakarta keluar sebagai juara ketiga dengan perolehan delapan medali emas, tiga medali perak, dan sembilan medali perunggu. 

Dikutip dari laman resmi Kemendikbud, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto mengimbau agar ajang LKS SMK Tingkat Nasional 2020 ini dimaknai bukan sekadar kompetisi tahunan. Saat ini, kata Wikan, dengan segala daya kita bersama memerdekakan diri dari belenggu keterbatasan untuk menjadi bangsa yang lebih mandiri dalam menghadapi tantangan yang terus akan berubah dan semakin berat di masa depan.

"LKS merupakan sarana merangkai mimpi, mengasah keterampilan, sekaligus membangun kepercayaan diri, relasi, serta kemandirian," ucap Wikan.


Comments