Kemendikbud Resmi Buka Kompetisi Sains Nasional SMA/MA, Berikut Penjelasannya.



edukasinfo.com | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) resmi membuka Kompetisi Sains Nasional (KSN) secara virtual pada hari Senin 12 Oktober 2020. KSN dibuka untuk jenjang Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA) dan akan berakhir pada, Sabtu (17/10/2020) mendatang. 

Jumlah bidang lomba KSN SMA sebanyak sembilan bidang, yaitu: Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Informatika Komputer, Kebumian, Kimia, dan Matematika.  

 
Peserta pada masing-masing bidang lomba sebanyak: (1) Astronomi 99 peserta; (2) Biologi 100 peserta; (3) Ekonomi 100 peserta; (4) Fisika 100 peserta; (5) Geografi 100 peserta; (6) Informatika Komputer 99 peserta; (7) Kebumian 100 peserta; (8) Kimia 100 peserta; dan (9) Matematika 100 peserta. Jumlah seluruh peserta pada 9 bidang lomba sebanyak 898 peserta.
 
Dikutip dari halaman resmi Kemendikbud, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi pada pidato pembukaan KSN mengatakan, seluruh rangkaian Kompetisi Sains Nasional akan digelar secara daring. Hal ini mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

"Karena kondisi pandemi belum reda, maka seluruh proses kompetisi sains kita adakan secara daring. Covid-19 mendorong kita melaksanakan kompetisi secara virtual, karena butuh pengelolaan intens tentang jaringan, aplikasi, dan adaptasi soal. Ini tantangan yang besar, bahkan pada tingkat internasional sekalipun belum pernah dilakukan," ucap Asep.
 
Asep menyampaikan apresiasi kepada para peserta atas komitmen yang luar biasa dalam mengikuti KSN dengan integritas dan kejujuran. Ia meminta peserta tetap semangat dan rileks menjalani rangkaian kompetisi. "Terima kasih untuk semua orangtua dan anak-anak hebat di seluruh Indonesia yang menjaga kejujuran dan integritas. Medali bukan segalanya, karena jujur itu juara," ujarnya.
 
KSN Tingkat Provinsi untuk semua jenjang telah dilaksanakan secara daring sejak Agustus lalu. KSN jenjang SMA dilaksanakan pada tanggal 10 s.d. 14 Agustus 2020, KSN jenjang SD telah selesai dilaksanakan pada tanggal 5 s.d. 6 Oktober lalu. Sementara KSN jenjang SMP Tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada tanggal 14 s.d. 16 Oktober 2020 esok.

Jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan menggelar KSN Tingkat Nasinoal pada tanggal 31 Oktober s.d. 4 November mendatang. Kegiatan ini sekaligus menutup seluruh rangkaian KSN semua jenjang.

Comments