Kemdikbud Bagikan Kuota Internet Gratis Bagi Peserta Didik Se-Indonesia, Begini Penjelasannya


Seputar Pendidikan - edukasinfo.com | Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi mengeluarkan program pemberian kuota internet bagi peserta didik. Program tersebut tertuang dalam surat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah nomor 8202/C/PD/2020 tertanggal 27 Agustus 2020.

Keputusan Pemerintah Pusat ini merupakan bentuk realisai Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19. Pemerintah Pusat akan memberikan bantuan kuota internet untuk memperlancar proses belajar mengajar bagi peserta didik selama masa pandemi Covid-19.

Dalam surat Direktur Jenderal (Dirjen), Jumeri, S.TP., M.Si itu meminta agar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia melalui Kepala Sekolah Satuan Pendidikan untuk melengkapi nomor handphone peserta didik yang aktif melalui aplikasi dapodik masing-masing sekolah. Proses melengkapi nomor handphone peserta didik dibatasi hingga 31 Agustus 2020.

Nantinya, setelah seluruh data tervalidasi oleh sekolah masing-masing peserta didik di seluruh tanah air akan menerima transfer kuota internet secara gratis. Untuk itu diharapkan pendataan nomor tersebut harus dengan optimal.

Kebijakan tersebut merupakan angin segar bagi seluruh peserta didik dan orangtua/wali murid yang selama proses pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid-19 ini sangat mengeluhkan kuota internet untuk belajar. Dengan terfasilitasinya proses belajar jarak jauh/online diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang semakin baik.

Selain itu, kebijakan ini juga sebagai wujud hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat khususnya dunia pendidikan dalam memberikan solusi mengatasi kesulitan di masa pandemi ini. Semoga bangsa kita segera keluar dari bencana Covid-19.

Comments

  1. Bagaimana Cara kami mengetahui notifikasi dari anda,supaya kami Bisa merespon notifikasi dari anda Karena kami sangat membutuhkan Kuota tersebut dalam pandemi saat Inii untuk belajarr

    ReplyDelete

Post a Comment

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…