Materi Lahirnya Kolonialisme dan Imperialisme di Nusantara (Sejarah Indonesia Kelas XI)


Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam menempuh kemerdekaan dimulai sejak lahirnya kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa di Nusantara. Secara sederhana kolonialisme dapat diartikan sebagai suatu upaya sebuah negara menguasai wilayah negara lain. Sementara imperialisme merupakan tindakan sebuah negara menjalankan kebijakan di negera lain.

Terdapat 4 (empat) bangsa Eropa yang tercatat pernah datang ke Nusantara untuk melakukan dominasi terkait dengan kolonialisme dan imperialisme. Diantaranya, bangsa Portugis, Spanyol, Inggris, dan Belanda. Keempat Bangsa tersebut pada awalnya melakukan penjelajahan samudera untuk menemukan sumber rempah-rempah. Lebih luasnya tujuan atau motif utama dalam penjelajahan mereka yakni Gold, Glory, dan Gospel.

Gold atau kekayaan merupakan tujuan utama bangsa Eropa datang ke Nusantara dengan cara melakukan perdagangan rempah-rempah. Yang kedua yakni Glory atau kekuasaan/kejayaan merupakan tujuan bangsa-bangsa Eropa datang ke Nusantara untuk memperluas kekuasaan atau yang disebut kolonialisme dan imperialisme. Selain berambisi menguasai perdagangan dan kekuasaan, bangsa – bangsa Eropa juga bertujuan untuk menyebarkan ajaran agama Nasrani yang disebut Gospel.

Sejak pertama kali Portugis datang ke Nusantara pada tahun 1511 hingga munculnya keserakahan kongsi dagang Belanda yakni VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) sampai dengan lahirnya kekejaman penjajahan oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1808 telah banyak membuat penderitaan rakyat Indonesia.

Untuk memahami proses lahirnya kolonialisme dan imperialisme bangsa-bansa Eropa di Nusantara, kalian dapat pelajari materi lengkapnya di bawah ini :

Setelah mempelajari materi di atas, untuk mengukur tingkat penguasaan materi tentang proses awal kolonialisme dan imperialisme sejak kedatangan Portugis hingga penjajahan pemerintahan Belanda, silahkan jawab beberapa pertanyaan berikut:

  1. Coba jelaskan posisi Kepulauan Maluku dalam perdagangan Internasional abad ke-15 sampai abad ke-17 !
  2. Mengapa VOC dikatakan sebagai Negara dalam Negara ? Jelaskan !
  3. J.P Coen dapat dikatakan sebagai peletak dasar penjajahan VOC di Indonesia. Coba Jelaskan !
  4. Tahukan anda apa yang dimaksud dengan pelayaran Hongi? Bagaimana praktiknya sehingga keuntungan tetap jatuh ke tangan VOC?
  5. Bagaimana penilaian Anda tentang praktik korupsi yang dilakukan oleh pegawai VOC dan bagaimana dengan yang terjadi di Indonesia saat ini?

Comments