Materi Pembelajaran Jarak Jauh/Daring Sosiologi dan Antropologi


Kelas  : XI IPS

Materi : Kelompok Sosial

Sebagai makhluk sosial, manusia selalu membutuhkan kehadiran orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik berupa materil maupun non-materil. Untuk memenuhi segala bentuk kebutuhan tersebut, individu harus membentuk sebuah kelompok sosial dalam masyarakat. Kelompok sosial merupakan kumpulan individu yang memiliki hubungan dan saling berinteraksi sehingga mengakibatkan tumbuhnya rasa kebersamaan dan rasa memiliki, contohnya anggota Pramuka.

Sebuah kelompok tidak dapat terbentuk dengan sendirinya, melainkan terbentuk dengan melalui beberapa syarat, proses, dan faktor pembentuknya. Setiap kelompok yang terbentuk memiliki ciri-ciri yang berbeda.

Penjelasan lebih lengkap tentang kelompok sosial dapat didownload dan dipelajari melalui lampiran berikut :


Download : Materi kelompok sosial lengkap disini !

Untuk mengukur tingkat pemahaman terkait kelompok sosial, silahkan selesaikan beberapa pertanyaan di bawah ini:

  1. Coba anda amati lingkungan masing-masing dan temukan 10 macam contoh kelompok sosial !
  2. Dari beberapa kelompok sosial yang kalian temukan, coba identifikasi bentuk atau jenis kelompok tersebut !

 

Kelas  : XII IPS dan BAHASA

Materi : Perubahan Sosial

Di tengah perkembangan zaman yang semakin maju terdapat begitu banyak perubahan sosial dalam masyarakat. Perubahan dalam masyarakat menjadi salah satu objek kajian sosiologi yang dapat diamati secara langsung. Perubahan sosial sendiri merupakan suatu pergeseran tata nilai yang terjadi dalam struktur masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, seperti perubahan peran dan fungsi anggota masyarakat.

Perubahan sosial oleh banyak ahli memberikan definisi yang berbeda-beda, namun tetap pada substansi yang sama. Selain itu, teori perubahan sosial yang terdiri dari teori linier dan teori siklus juga menggambarkan pola perubahan yang terjadi dalam setiap masyarakat.

Bentuk perubahan sosial pun bermacam-macam dalam masyarakat. Faktor yang mendorong dan menghambat perubahan menjadi penentu eksistensi sebuah kehidupan sosial. Dengan terjadinya perubahan dalam kehidupan bermasyarakat, maka berbagai dampak yang muncul tidak dapat dihindari. Sehingga dibutuhkan sikap yang tepat dalam menghadapi dampak perubahan tersebut.

Untuk memahami hakikat sebuah perubahan sosial berserta berbagai hal yang terkait di dalamnya secara mendaam, berikut kami sediakan materi lengkap tentang perubahan sosial berupa file pdf dan video yang dapat didownload dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran secara mandiri.

Download : Materi perubahan sosial disini !

Simak : Video Materi Perubahan Sosial disini !

 

Untuk mengukur tingkat pemahaman tentang perubahan sosial, silahkan selesaikan beberapa pertanyaan di bawah ini:

  1. Coba anda amati lingkungan masyarakat sekitar dan temukan 10 macam contoh perubahan sosial !
  2. Dari beberapa perubahan sosial tersebut, silahkan identifikasi bentuk perubahan tersebut !
  3. Sebuah perubahan sosial disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Menurut Anda, faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap perubahan sosial di masyarakat ? Berikan argumentasi logis anda masing-masing !

Comments