Kasi Kurikulum SMA, Purni Susanto: Pelatihan Jurnalistik Penting Guna Publikasi Prestasi Pendidikan


Dalam rangka pengembangan media sekolah, Humas Universitas Pendidikan Mandalika Mataram gelar pelatihan jurnalsitik sekolah untuk SMK/SMA se Kabupaten Lombok Tengah pada Kamis, 25 Agustus 2022 bertempat di Aula KCD Dikbud Lombok Tengah.

Pelatihan ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Forum Wartawan Pemerhati Pendidikan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB. Hal tersebut sesuai dengan surat undangan panitia penyelenggara nomor 159/B4/LL/UNDIKMA/VIII/2022 tertanggal 18 Agustus 2022.


Kepala Seksi Kurikulum Bidang Pembinaan SMA Dikbud NTB, Purni Susanto, S.Pd.,M.Hum yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi atensi semua pihak yang menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik ini.

"Pelatihan jurnalistik ini sangat baik karena ini akan memberdayakan sumber daya manusia dunia pendidikan untuk lebih mengakarkan kiprahnya di tengah masyarakat," ucapnya saat dikonfirmasi oleh media edukasinfo.com pada, Kamis (25/08).

Lebih lanjut, Purni menegaskan bahwa ada beberapa alasan pentingnya kegiatan ini diselenggarakan. Pertama, informasi-informasi penting dalam dunia pendidikan perlu disebarluaskan kepada masyarakat.

"Prestasi yang banyak di dunia pendidikan tidak akan banyak artinya bila tidak didukung oleh pemberitaan yang masif," tegasnya.


Alasan kedua adalah kegiatan pelatihan jurnalistik merupakan wadah kaderisasi dan regenerasi. "Artinya insan-insan jurnalisme di dunia pendidikan perlu dididik dan dikembangkan agar makin banyak yang memiliki kompetensi jurnalistik," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, pelatihan jurnalistik ini terdiri dari tiga materi yaitu jurnalistik dasar, analisis dan pengelolaan media sosial, dan digital branding. Narasumber pelatihan terdiri dari para wartawan senior seperti Fahrul Mustofa, Adam Bachtiar, dan Raden Fanny Printi Ardi.

Selain itu, kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan pendampingan di sekolah masing-masing dan dijadwalkan sesuai dengan kesepakatan dengan pihak sekolah.

Comments