Manfaat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Gambar screenshot: Cover Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, maupun ekstrakurikuler.

Dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di satuan pendidikan dibutuhkan Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk "mengalami pengetahuan" sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.


Manfaat projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah memberikan ruang bagi seluruh warga sekolah atau satuan pendidikan untuk mempraktikkan dan mengamalkan Profil Pelajar Pancasila. Manfaat pada setiap komponen sekolah berbeda-beda.

Untuk satuan pendidikan, manfaat projek penguatan profil pelajar Pancasila di antaranya: a) menjadikan satuan pendidikan sebagai sebuah ekosistem yang terbuka untuk partisipasi masyarakat; dan b) menjadikan satuan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang berkontribusi kepada lingkungan dan komunitas di sekitarnya.

Sementara manfaat projek penguatan profil pelajar Pancasila bagi pendidik/guru adalah: a) memberi ruang dan waktu untuk peserta didik mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter; b) merencanakan proses pembelajaran projek dengan tujuan akhir yang jelas; dan c) mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang terbuka untuk berkolaborasi dengan pendidik dari mata pelajaran.


Sedangkan bagi peserta didik, manfaat projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah: a) memperkuat karakter dan dapat mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif; b) berpartisipasi merencanakan pembelajaran secara aktif dan berkelanjutan.

Selanjutnya, c) mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengerjakan projek; d) melatih kemampuan pemecahan masalah dengan beragam situasi belajar; e) memperlihatkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu sekitar sebagai bentuk hasil belajar; dan f) menghargai proses belajar dan bangga dengan hasil capaian yang telah dilakukan secara optimal.

Download: Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang, Kemendikbudristek Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA : 2021).

Comments