Wadahi Minat Siswa, SMAN 1 Pringgarata Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut

Acara Pembukaan PJTL 2022 oleh Kepala SMAN 1 Pringgarata bersama tamu undangan

Dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa, Ekstrakurikuler Jurnalistik Smapta SMA Negeri 1 Pringgarata gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL). Pelatihan ini diperuntukkan bagi siswa/I anggota Jurnalistik, PMR, Pramuka, dan Osis.

Tema yang diangkat yaitu “Jurnalis Muda: Responsive dan Berkarakter”. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 55 orang. PJTL dilaksanakan selama empat hari sejak 26 hingga 29 Maret 2022 mendatang yang bertempat di Aula SMA Negeri 1 Pringgarata.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber professional dari media ternama di pulau Lombok yaitu Pemimpin Redaksi (Pemred) Radar Mandalika, Diki Wahyudi. Para peserta PJTL diasah kemampuannya dalam menulis artikel berita, foto maupun lainnya.


Pada hari pertama pelatihan, Pemred Diki mengklaim telah berhasil membangun paradigma berfikir peserta tentang dunia jurnalistik. Ia juga sangat puas karena para peserta mampu mempraktikkan cara menulis artikel berita sesuai kaidah maupun prosedur yang benar.

“Daya serap mereka (peserta PJTL) terhadap materi yang saya sampaikan sangat bagus dan bisa dipraktikkan secara langsung. Tinggal didalami dan dipoles lagi oleh guru Pembina,” ungkapnya usai memberikan materi, pada Sabtu (26/03/2022).

Lebih lanjut, Pemred Radar Mandalika juga mengapresiasi semangat, antusiasme, dan kualitas peserta dalam mengikuti kegiatan dan belajar dengan serius. “Kemampuan yang dimiliki oleh para peserta di SMAN 1 Pringgarata tidak kalah dengan sekolah-sekolah kota,” pungkasnya.

Foto: Pemred Radar Mandalika, Diki Wahyudi saat menyampaikan materi

Senada, Kepala SMA Negeri 1 Pringgarata, H. Iwan Riawan, S.Pd.,M.Pd., pada acara pembukaan PJTL mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan yang sangat bagus ini. Menurutnya, narasumber yang dihadirkan sangat tepat dan kompeten di bidangnya.


“Kegiatan ini sangat penting bagi persiapan bekal menempuh pendidikan yang lebih tinggi, apalagi era digital saat ini sangat membutuhkan kemampuan semacam ini (menulis),” tegasnya saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan PJTL, pada Kamis (26/03/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Negeri 1 Pringgarata, Muhamad Ali Muis mengatakan, konsep yang diusung pada kegiatan PJTL tahun 2022 ini adalah kolaborasi melalui pelatihan terpadu antar ekstrakurikuler dan intrakurikuler (Osis).

“Hal ini dilakukan guna memberikan wadah dan kesempatan bagi ekstrakurikuler selain jurnalistik agar mendapatkan ilmu tentang dunia kejurnalistikan secara utuh,” ujarnya.

Pembina Jurnalistik yang juga merupakan Guru Sosiologi itu juga menegaskan pentingnya kemampuan menulis bagi semua anggota ekstrakurikuler lainnya agar dapat mandiri dalam publikasi kegiatan masing-masing.


“Setiap orang bisa menjadi jurnalis bagi organisasinya masing-masing. Terlebih lagi, saat ini banyak platform media sosial gratis yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana publikasi,” harapnya.

Sebagai tambahan informasi, pada beberapa waktu lalu Ekstrakurikuler Jurnalistik juga telah menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Tahun 2021. Tujuan kegiatan ini sama dengan kegiatan PJTL 2022.

Ketekunan dalam menyelenggarakan berbagai pelatihan serta konsisten mengikuti jadwal latihan rutin setiap minggunya berbuah manis dengan capaian prestasi juara 1 penulisan berita yang diraih ekstrakurikuler Jurnalistik Smapta pada event Jambore Jurnalistik SMA/SMK/Sederajat Se-NTB beberapa waktu lalu.

Comments