Dinas Dikbud NTB Dampingi Pelaksanaan Sabtu Budaya SMAN 1 Pringgarata

Foto: Kepala SMAN 1 Pringgarata, H. Iwan Riawan saat mengalungkan kain tenun Sasak kepada Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Ach. Fairuzz Abadi pada acara sambutan.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dikbud NTB) melalui Bidang Kebudayaan tengah melakukan pendampingan pelaksanaan program Sabtu Budaya Tematik dan AiSO Siniar.

Berdasarkan surat Dinas DIkbud NTB Nomor 430/567.Keb/Dikbud perihal Jadwal Pendampingan Sabtu Budaya Tematik dan AiSO Siniar pada tanggal 01 Maret 2022 menyebutkan bahwa sebanyak 26 SMAN/SMKN/SLBN Se-Pulau Lombok mendapatkan kesempatan dikunjungi guna memastikan program dan kegiatan Sabtu Budaya terlaksana dengan baik di sekolah.


Pendampingan dan pelaksanaan Sabtu Budaya dan AiSO Siniar tersebut dilaksanakan pada rentang waktu mulai tangga 05 s.d 26 Maret 2022. Salah satu sekolah yang mendapatkan kesempatan pendampingan yaitu SMA Negeri 1 Pringgarata.

Pendampingan dilakukan oleh Tim Pendamping dari Bidang Kebudayaan Dinas Dikbud NTB yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Ach. Fairuzz Abadi, pada Kamis (24/03/2022). Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Dikbud Lombok Tengah, Nur Ahmad beserta staf, dan Pengawas Pembina, Bambang Nurcahyono turut hadir dalam kesempatan tersebut.

Kedatangan Tim Pendamping disambut langsung oleh Kepala SMAN 1 Pringgarata, H. Iwan Riawan beserta seluruh dewan guru. Tak hanya itu, para tamu juga disambut dengan tarian Tradisional Sasak, Aseh Tresna.


Dalam kegiatan pendampingan Kabid Kebudayaan, Ach. Fairuzz Abadi memaparkan panduan pelaksanaan kegiatan Sabtu Budaya secara rinci sebagai acuan dalam penguatan pendidikan karakter dan praktik baik sebagai wujud gerakan sekolah menyenangkan untuk meningkatkan Mutu Pendidikan dan Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) di NTB.

Fairuzz juga menyampaikan rasa bahagia dan apresiasi terhadap SMAN 1 Pringgarata atas pengelolaan pendidikan yang menurutnya sangat kreatif setelah mengamati secara keseluruhan sejak awal kedatangan hingga akhir acara.

“Kepala sekolahnya secara manajemen bagus, itu secara internal. Yang kedua secara eksternal kehadiran pak KCD dan Pengawas menunjukkan adanya manajerial konsep eksternalnya itu terhubung,” ungkapnya pada, Kamis (24/03/2022).


Lebih lanjut, Kabid Kebudayaan juga mengapresiasi kretivitas dari guru-guru serta pengelolaan website sekolah dan sosial media lainnya dinilai sangat bagus dan cukup aktif. “Saya saksikan sendiri anak-anak multimedia (ekstrakurikuler jurnalistik) seperti kamu ini (anggota jurnalistik) sampai hari ini melakukan aktivitas sesungguhnya,” ucapnya.

Terakhir, Ia menekankan agar memaksimalkan penggunaan tagar (#)/hastage yang telah ditentukan Bidang Kebudayaan dalam setiap konten yang dipublikasikan pada seluruh platform sosial media agar sekolah dapat dinilai dengan mudah oleh Dinas Dikbud NTB.

“Saya berharap ramaikan sosial media dengan hal-hal yang baik dari dunia pendidikan dan kebudayaan,” pungkasnya.


Dalam kesempatan yang sama Kepala KCD Dikbud NTB, Nur Ahmad turut mendorong pelaksanaan program Sabtu Budaya dan AiSO Siniar dapat terlaksana dengan baik. “InsyaAllah kami akan terus dukung secara maksimal kepada sekolah-sekolah untuk melaksanakan kegiatan Sabtu Budaya,” ujarnya.

Menanggapi hadirnya Tim Pendamping, Kepala SMAN 1 Pringgarata mengungkapkan rasa syukurnya atas perhatian yang diberikan oleh Dinas Dikbud NTB guna memaksimalkan pelaksanaan Sabtu Budaya maupun AiSO Siniar.

“Kami sangat bersyukur dan senang mendapatkan kesempatan didampingi oleh Dinas dalam memaksimalkan kegiatan Sabtu Budaya,” ucapnya.

Comments