Tingkatkan Kompetensi Guru melalui Workshop Backward Design

Foto (Doc. resmi Humas SMAN 1 Selong): Paparan materi backward design oleh narasumber, Hj. Heni Rahmaningsih, S.Pd.

Sekolah Penggerak SMA Negeri 1 Selong menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Guru tentang Metode Backward Design Learning (Desain Alur Mundur) dalam Pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18-19 Desember 2023 di Aula Sekolah.

Workshop diikuti oleh seluruh tenaga pendidik di tengah masa libur semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Narasumber yang dihadirkan yakni guru-guru SMAN 1 Selong yang memiliki kapasitas dan berpengalaman di bidangnya.

Kepala SMA Negeri 1 Selong, Dr. Sri Wahyuni dalam arahannya mengapresiasi semangat belajar para guru yang sangat luar biasa. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting guna peningkatan kompetensi guru dalam memberikan layanan pendidikan, terlebih lagi SMAN 1 Selong merupakan Sekolah Penggerak yang telah memasuki tahun ketiga.

"Workshop ini untuk meng-upgrade pemahaman kita (guru) dalam melaksanakan tugas secara optimal," ucapnya pada, Senin (18/12/2023).

Kepala Sekolah, Bunda Doktor menekankan bahwa konsep kegiatan ini adalah workshop maka nantinya harus ada produk yang dihasilkan. Untuk itu, Ia mengingatkan agar peserta workshop mengikuti kegiatan secara sungguh-sungguh.

"Mohon untuk mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, insyaAllah keberkahan akan mengiringinya," harapnya.

Senada dengan itu, Pengawas Pembina, Lalu Hadi Sapruddin, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya penyegaran terhadap pemahaman guru untuk menghadapi semester genap tahun pelajaran 2023/2024 mendatang.

"Untuk itu, semoga kegiatan diikuti dengan sepenuh hati dan istiqomah," ucapnya saat membuka kegiatan workshop secara resmi.

Lebih lanjut, Pengawas Pembina mengingatkan pentingnya kegiatan peningkatan kompetensi guru untuk menjawab tantangan dan kompleksitas permasalahan dan perkembangan dunia pendidikan saat ini. Layanan pendidikan harus diberikan secara optimal kepada peserta didik agar daya serap di perguruan tinggi lebih baik.

"SMAN 1 Selong merupakan SMA yang diperhitungkan di NTB terkait daya serap di perguruan tinggi, untuk itu harus dijaga dan ditingkatkan dengan saling mengisi sehingga pendidikan optimal bisa kita capai," ungkapnya.

Kegiatan workshop mengacu pada surat Kepala SMA Negeri 1 Selong nomor 1009/800-SMA.01/XII/2023 tantang Undangan Workshop tertanggal 16 Desember 2023.

Comments