SMA Islam Syarif Imamuzzahidin Mengukir Prestasi Membanggakan


Kabar bahagia menghampiri keluarga besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dikbud NTB). Pasalnya, baru-baru ini SMA Syarif Imamuzzahdin meraih BPMP Awards dengan kategori "Sekolah Terbaik Aktivasi Akun belajar.id". 

SMA Syarif Imamuzzahdin menerima penghargaan tersebut pada hari Selasa, 19 Desember 2023. Pemberian penghargaan oleh BPMP NTB tentu tidak sembarangan, karena harus bersaing dengan 351 SMA baik negeri maupun swasta.

SMA Islam Syarif Imamuzzahidin merupakan salah satu sekolah swasta dengan basis pondok pesantren. Sebagai sekolah yang baru didirikan beberapa tahun lalu, sekolah ini relatif gigih dalam usaha mencetak prestasi. Sekolah ini terletak di Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala SMA Islam Syarif Imamuzzahidin, Anang Syarif, M.Pd., menuturkan bahwa capaian prestasi ini berawal dari pemanfaatan akun belajar melalui Chrombook oleh guru dalam mengakses fitur-fitur pendidikan. Sekolah mulai melakukan aktivasi akun belajar secara berkala untuk siswa hingga akhirnya seluruh akun belajar siswa teraktivasi semua.

Pihak sekolah juga memaksimalkan penggunaan Chrombook untuk tujuan pembelajaran yang diakses oleh guru dan siswa. Fase berikutnya adalah memaksimalkan pemanfaatan akun belajar siswa dalam mengakses sumber-sumber belajar untuk meningkatkan kualitas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

"Dan ke depannya semoga sekolah mampu menyiapkan perangkat serupa Chrombook yang dapat diakses siswa secara bebas untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran. Ya, mungkin bisa mengurangi dampak penggunaan kertas," harap Kepala SMA Islam Syarif Imamuzzahidin.

Lebih lanjut, Anang mengungkapkan perasaan harunya karena sekolahnya dipilih oleh BPMP. "Kami tidak pernah menyangka BPMP memiliki kegiatan serupa ini, memberikan apresiasi kepada sekolah atas tugas yang menjadi bagian dari kerja wajib sekolah. BPMP menganggap ini sebagai prestasi yang layak diapresiasi," ungkapnya.

"Keberhasilan ini didorong oleh dedikasi tim kami yang gigih dalam memotivasi dan melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan inklusif," pungkasnya.

Atas prestasi tersebut, Sub Koordinator Kurikulum SMA Dinas Dikbud Provinsi NTB, Purni Susanto, mengapresiasi pencapaian yang telah diukir oleh SMA Islam Syarif Imamuzzahidin. Ia sangat bangga ada sekolah swasta yang sangat aktif memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan pembelajaran kepada siswa.

"Semoga ini menjadi pemicu bagi sekolah-sekolah lainnya untuk terus memberikan yang terbaik untuk anak didik kita. Transformasi ini tidak hanya mencerminkan keunggulan akademis, tetapi juga semangat kolaboratif dan komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah," terang Purni pada, Kamis (21/21/2023).

Comments

  1. selamat dan sukses senantiasa SMA Islam Syarif Imamuzzahidin

    ReplyDelete

Post a Comment

Cara bicara menunjukkan kepribadian, berkomentarlah dengan baik dan sopan…