Menguatkan Semangat Perjuangan melalui Peringatan Hari Pahlawan

Doc. resmi SMAN 1 Selong: Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2023

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2023, SMAN 1 Selong menggelar upacara pada Jum'at, 10 November 2023 di lapangan sekolah. Peringatan Hari Pahlawan 2023 mengusung tema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Drs. Safruddin selaku pembina upacara mengingatkan pentingnya memupuk semangat perjuangan untuk menjaga keutuhan bangsa. Ia mengatakan bangsa Indonesia tidak boleh lagi dijajah. Penjajahan saat ini berbeda bentuk, dari model penjajahan kolonialisme menjadi noekolonialisme.

"Untuk itu kita harus hati-hati dan mengelola sumber daya alam sendiri, jangan biarkan investor asing mengeksploitasi sumber daya yang kita miliki," tegasnya.

Wakasek Safruddin mengatakan bahwa pahlawan bangsa telah mengajarkan perjuangan tanpa lelah dan pantang menyerah. "Semangat juang ini kita hayati dan amalkan dalam kehidupan kita sehingga nasib bangsa kita menjadi lebih baik," ucapnya.

Untuk menguatkan semangat perjuangan, Safruddin mengutip banyak ungkapan-ungkapan para pahlawan seperti Bung Karno, Bung Tomo dan lainnya. Ia mengatakan bahwa setiap orang bisa menjadi pahlawan bagi diri sendiri dan orang lain sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

"Kalian (peserta didik) sebagai remaja tentunya harus mewariskan jiwa semangat perjuangan para pahlawan," ungkapnya.

Mengakhiri amanatnya, Safruddin berharap seluruh warga sekolah menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah. Selalu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif menjadi tanggungjawab bersama sebagai generasi penerus bangsa.

"Mari kita mengisi dan mempertahankan kemerdekaan dengan belajar dan meraih prestasi dengan belajar sungguh-sungguh. Selamat Hari Pahlawan, semoga amal bakti para pahlawan diterima oleh Allah SWT," pungkasnya.

Upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 mengacu pada surat Kepala SMAN 1 Selong nomor 955/800/SMA.01/XI/2023 tertanggal 7 November 2023. Surat tersebut sebagai tindak lanjut atas surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat nomor 232/4681.UM/Dikbud pada tanggal 1 November 2023 perihal upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2023 di halaman kantor/sekolah masing-masing.

Comments