PMR Wira SMAN 1 Pringgarata Dorong Siswa Berjiwa Pemimpin


Pringgarata | Dalam rangka mencetak relawan muda yang memiliki jiwa kepemimpinan dan solidaritas yang tinggi, Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMAN 1 Pringgarata menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar). Diklatsar diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 7 – 9 Oktober 2022 bertempat di Desa Sedau Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan Diklatsar berorientasi pada pengenalan dan penyesuaian peserta didik terhadap kehidupan sosial, budaya, dan lingkungan di sekitar individu yang bersangkutan guna mengarahkan peserta didik menjadi relawan yang berjiwa pemimpin.

Pembina ekstrakurikuler PMR Wira SMAN 1 Pringgarata, M. Rijalul Kirom mengatakan, kegiatan ini merupakan orientasi bagi peserta didik yang menjadi anggota baru agar memiliki jiwa kepemimpinan yang peka terhadap situasi lingkungan sekitar.

"Melalui kegiatan orientasi, kami ingin anggota baru tidak hanya menguasai kemampuan menjadi relawan melainkan memahami peran sebagai seorang pemimpin yang punya solidaritas tinggi terhadap organisasi dan masyarakat luas," ungkap pria kelahiran Murbaya yang juga merupakan guru Matematika SMAN 1 Pringgarata itu pada, Senin (10/10/2022).

Rijal sapaan akrabnya, menegaskan bahwa saat ini di era globalisasi dengan dampak yang sangat kompleks peserta didik perlu diarahkan pada kegiatan-kegiatan positif melalui salah satu wadah yaitu ekstrakurikuler PMR. "Ini bisa meminimalisir aktivitas negatif di luar sekolah," pungkasnya.

Dalam kegiatan Diklatsar PMR, peserta didik diberikan materi-materi menarik dan substansial seperti materi dasar-dasar kepalangmerahan dan manajemen organisasi kepemimpinan. Selain itu, peserta didik juga dilatih cara penanganan pada pertolongan pertama.

Tak hanya itu, materi yang tidak kalah menariknya dalam kegiatan ini adalah diperkenalkannya aplikasi terbaru di lingkungan Palang Merah Indonesia (PMI) yaitu aplikasi SIAMO (Sistem Informasi Administrasi Manajemen Operasi).

SIAMO merupakan aplikasi berbasis android yang memuat sistem data dan penugasan personil PMI. Aplikasi ini diluncurkan oleh PMI pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-76, tepatnya pada Sabtu, 25 September 2021 lalu.

Diklatsar PMR Wira sendiri dibuka langsung oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Hablul Warid pada Jum’at, 7 Oktober 2022 lalu. Dalam acara pembukaan tersebut, Hablul mengatakan bahwa kegiatan di luar sekolah ini merupakan bagian dari upaya sekolah memfasilitasi peserta didik mengenal lingkungan sekitar secara menyeluruh.

"Kalian (peserta) harus memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar di luar sekolah untuk memahami potensi diri guna menjadi relawan muda yang berjiwa pemimpin," ucapnya.

Tak lupa Hablul juga mengingatkan peserta didik agar menjaga diri sebaik-baiknya terlebih kegiatan ini di alam terbuka. Menurutnya, sebaik apapun desain acaranya kesehatan tetap menjadi yang utama agar semua rangkaian acara dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan utama.

Comments