Memahami Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian


Konflik Sosial dan Kekerasan

Konflik berasal dari bahasa Latin yaitu conflitus (saling berbenturan, bertentangan, berlawanan, ketidaksesuaian). Menururt M.Z. Lawang, konflik adalah perjuangan untuk memperoleh nilai, status, dan kekuasaan ketika tujuan pihak-pihak yang berkonflik tidak hanya mendapatkan keuntungan, tapi juga untuk menundukkan saingannya.

Secara sederhana konflik didefinisikan sebagai percekcokan, perselisihan, atau pertentangan. Sedangkan kekerasan Kekerasan adalah sebuah aksi atau tindakan yang bertujuan untuk merusak, mencederai, melukai, memusnahkan properti bahkan manusia. Kekerasan sendiri terbagi menjadi dua yaitu kekerasan secara langsung (direct violence) dan kekerasan struktural (structural violence).

Untuk memahami materi konflik, kekerasan, dan perdamaian secara komprehensif kalian dapat melakukan eksplorasi materi pada laman ini. Sementara tujuan memahami materi ini yakni setelah menyelesaikan proses pembelajaran melalui metode Blended Learning berbasis problem based learning dipadu dengan strategi window shoping, siswa dapat menganalisis konflik sosial untuk melakukan resolusi dan pemecahan masalah dengan baik.

Berikut beberapa sumber belajar yang dapat digunakan sebagai bahan belajar, seperti presentasi google slide, pdf, dan video pembelajaran.

1. Presentasi Google Slide

Download:

Materi Konflik, kekerasan, dan perdamaian (pdf)

Bahan presentasi materi konflik, kekerasan, dan perdamaian (ppt)

Bahan Ajar materi konflik, kekerasan, dan perdamaian (doc)


2. Video Pembelajaran Resolusi Konflik


Untuk mengetahui tingkat pemahaman Anda tentang materi konflik, kekerasan, dan perdamaian, silahkan lakukan refleksi dan mengisi lembar kerja yang terdapat pada link berikut:

Comments