Meraih Kesejukan Hati Melalui Peringatan Nuzulul Qur'an


Peringatan Nuzulul Qur'an di SMAN 1 Selong pada Sabtu, 19 Ramadhan 1445 bertepatan dengan 30 Maret 2024 berlangsung khidmat. Nuzulul Qur'an mengusung tema "Aku adalah Sahibul Qur'an" yang bertempat di Musholla sekolah.

Peringatan Nuzulul Qur'an tahun ini dirangkai dengan pemberian santunan kepada peserta didik yang tidak mampu. Dana santunan bersumber dari iuran sukarela warga sekolah yang dikumpulkan oleh anggota ekstrakurikuler Rohis SMAN 1 Selong.

Kepala SMAN 1 Selong, Dr. Sri Wahyuni menyampaikan apresiasi yang mendalam atas terlaksananya kegiatan Nuzulul Qur'an yang dirangkai dengan santunan tersebut. Harapnnya kegiatan ini mendapatkan keberkahan dan murid-murid menjadi orang-orang yang sukses dan beruntung.

"Harapan orangtua dan kita semua agar kalian (murid) sukses dunia akhirat. Kami selalu berusaha mengawal dan membimbing kalian, sehingga kami tidak ada kata menyerah dan mengeluh dalam mendidik kalian," ungkapnya, pada Sabtu (30/03/2024).

Kepala Sekolah mengingatkan pentingnya memulai semua aktivitas sehari-hari, termasuk aktivitas pembelajaran di sekolah dengan membaca Al-Qur'an. Menurutnya, dengan memulai kegiatan pembelajaran dengan membaca Al-Qur'an semua akan mendapatkan kemudahan dan keberhakahan dalam menerima ilmu.

"Jadilah sahabat Al-Qur'an, insyaAllah hati kita akan menjadi tenang dan sejuk," ucapnya menutup kata pengantarnya.

Sementara itu, tausyiah peringatan Nuzulul Qur'an disampaikan oleh Ust. Ilham Ulul Azmi, Lc. Dalam ceramahnya, Ust. Ilham menyampaikan pentingnya menjadikan Al-Qur'an sebagai tuntunan dalam menjalankan kehidupan.

"Sebagai refleksi, sejauhmana kita sudah menghidupkan hari-hari kita dengan Alqur'an," ujarnya melontarkan pertanyaan kepada peserta didik yang mengikuti kegiatan Nuzulul Qur'an.

Ust. Ilham juga banyak berbagi pengalaman hidup sebagai inspirasi pada saat mengenyam pendidikan di Al-Ahzar Kairo, Mesir. "Kehidupan disana sangat mengutamakan Al-Qur'an dan semangat berbagi yang tinggi, terutama pada moment bulan puasa saat ini," pungkasnya.

Comments