Kabar Bahagia! Guru dan Tendik Siap-siap Diangkat ASN 2024


Kabar bahagia bagi para guru dan tenaga kependidikan non ASN. Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka formasi penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024. 

Tidak tanggung-tanggung pemerintah mengumumkan jumlah formasi yang kan dibuka sebanyak 2.3 juta formasi untuk pusat dan daerah. Sementara untuk jumlah formasi yang akan dibuka oleh Kemendikbudristek pada tahun 2024 sebanyak 501.863 formasi.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, Nunuk Suryani mengungkapkan bahwa Kemendikbudritek kembali mengusulkan formasi untuk ASN PPPK guru dan ditambah formasi untuk tenaga kependidikan.

"Kemarin sudah diumumkan oleh Pak Presiden bersama MenpanRB bahwa formasi untuk guru di tahun 2024 ini cukup besar yaitu, 419.146 formasi," ungkapnya seperti termuat pada akun resmi Ditjen.gtk.kemdikbud, Selasa (9/1/2024).

Kabar yang tidak kalah menariknya kata Nunuk adalah adanya tambahan formasi untuk tenaga kependidikan yakni sebanyak 82.717 formasi. Usulan ini masuk dalam usulan tenaga teknis.

"Semoga bapak ibu guru dan tenaga tendik semuanya beruntung dan bersiap lebih baik lagi untuk menyiapkan diri dalam seleksi ASN PPPK yang akan datang," harapnya.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa sebelumnya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan pembukaan seleksi calon ASN tahun 2024. Seleksi ini diperuntukkan bagi lulusan baru atau fresh graduate dan non ASN berdasarkan database BKN.

Formasi tahun 2024 ini terdiri dari CPNS dan PPPK. Rincian formasi yang akan dibuka yakni 207 ribu formasi CPNS untuk instansi pusat dan 483 ribu formasi CPNS di instansi daerah. Sehingga jumlah formasi CPNS 2024 sebanyak 690 ribu.

Sementara untuk formasi PPPK sebanyak 1.6 juta yang diperuntukkan bagi non ASN yang belum diangkat berdasarkan database BKN. Sehingga jumlah formasi seluruhnya sebanyak 2.3 juta formasi.

Comments