Perwakilan SMAN 1 Pringgarata Ikuti Bimtek Pembuatan Naskah dan Video Pembelajaran

Foto: Suhirman Jayadi, M.Pd saat pose dalam kegiatan Bimtek mewakili SMAN 1 Pringgarata, NTB

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Naskah dan Video Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus. Bimtek diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 20-22 November 2022 di Golden Palace Hotel Lombok.

Pelaksanaan kegiatan Bimtek mengacu pada surat Ditjen GTK Kemendikbudristek nomor 2725/B6/HM.01.00/2022 tertanggal 14 November 2022. Bimtek diikuti oleh 100 orang perwakilan dari SMA/SMK/SLB Negeri seluruh Indonesia.

Kegiatan bimtek ini merupakan upaya pemerintah meningkatkan kompetensi guru dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khususnya yang terkait dengan pembuatan naskah video pembelajaran.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Kadis Dikbud NTB), Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., dalam acara pembukaan Bimtek mengatakan bahwa kegiatan ini pada prinsipnya untuk mewujudkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

"Muara semua itu adalah terwujudnya pembelajaran yang 3M, yaitu menyenangkan, mengasyikkan, dan menghasilkan," ungkapnya saat membuka acara Bimtek secara resmi, Minggu (20/11/2022).

Disamping itu, salah satu perwakilan provinsi Nusa Tenggara Barat yang juga merupakan guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Pringgarata, Suhirman Jayadi, M.Pd., mengatakan Bimtek ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa yang pernah diikuti pasca pandemi Covid-19.

"Saya berharap mendapatkan banyak hal melalui kegiatan Bimtek ini sehingga dapat berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pada gilirannya dapat berbagi dengan rekan guru yang lainnya," ucapnya pada Senin (21/11/2022).

Sebagi informasi, selama tiga hari kegiatan para peserta akan dibekali dengan berbagai materi-materi menarik, seperti penyusunan storyboard dalam naskah dan video pembelajaran, pengembangan jenis dan teknik video pembelajaran.

Selain itu, para peserta juga akan mendalami tahapan-tahapan produksi yang meliputi pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Selanjutnya melakukan pleno dan finalisasi video, tindak lanjut, dan evaluasi.

Comments