Media Belajar Sosiologi dalam Memahami Perbedaan, Kesetaraan dan Harmoni Sosial

Materi Sosiologi Kelas XI IPS Semester Ganjil tentang Perbedaan dan Kesetaraan oleh Muhamad Ali Muis, S.Pd

Di dalam masyarakat terdapat perbedaan atau ketidaksamaan sosial. Perbedaan sosial terdiri dari perbedaan secara horizontal dan vertikal. Perbedaan sosial horizontal (diffrensiasi sosial) merupakan perbedaan antarindividu atau kelompok namun tidak menunjukkan adanya tingkatan lebih tinggi atau lebih rendah.

Adapun perbedaan sosial vertikal (stratifikasi sosial) adalah perbedaan antarindividu atau kelompok yang menunjukkan adanya tingkatan lebih rendah atau lebih tinggi. Perbedaan horizontal dan vertikal ini merupakan salah satu kajian atau pembahasan Sosiologi kelas XI (sebelas) jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Untuk memahami materi perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial secara mendalam, kalian akan melakukan eksplorasi materi pada laman ini. Sementara tujuan memahami materi ini adalah:
Setelah menyelesaikan proses pembelajaran melalui metode Blended Learning berbasis Website dan problem solving/problem based learning, siswa dapat memahami perbedaan dan kesetaraan antarkelompok dalam kehidupan publik dengan baik.
Materi perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial dapat dipelajari secara komprehensif melalui eksplorasi literatur, pemanfaatan media google slide, rangkuman, dan lain sebagainya. Berikut bahan belajar atau materi yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pemahaman peserta didik, diantaranya:

1. Video Pembelajaran


2. Google Slide

3. Materi Download


Pembelajaran yang dapat dilakukan untuk menguraikan materi perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial adalah dengan menggunakan metode cooperative learning berbasis problem based learning (PBL) di padu dengan model pembelajaran blanded learning jenis flex. Adapun langkah-langkah pembelajaran yang harus dilakukan oleh peserta didik sebagai berikut:
  1. Lakukan eksplorasi materi secara berkelompok melalui video pembelajaran, google slide, materi download (ppt) dan bahan ajar, serta materi-materi lain yang relevan dengan materi perbedaan dan kesetaraan melalui media dan sumber lainnya.
  2. Lakukan analisis solusi pemecahan masalah yang telah diberikan oleh guru yang disusun dalam sebuah kesimpulan dan dituangkan dalam lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dibagikan oleh guru. Klik disini untuk download LKPD!.
  3. Presentasikan hasil kerja kelompok masing-masing dan diskusikan bersama peserta didik yang lain.
  4. Peserta didik secara individu melakukan refleksi pembelajaran dengan cara menuangkan tanggapan/kesimpulan melalui kolom komentar atau melalui laman refleksi pembelajaran. Klik disini untuk menuangkan refleksi pembelajaran Anda!
Lampiran:
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Comments