Dinas Dikbud NTB Gelar Rakor Media Sekolah

Foto: Kepala Bidang Kebudayaan (Kabid), Fairuz Abadi saat menyampaikan materi bimtek.

PRAYA | Menghadapi tantangan digitalisasi saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (Dikbud NTB) melalui Kepala Bidang Kebudayaan (Kabid), Fairuz Abadi bersama Tim Media Sekolah SMA/SMK/SLB se Kabupaten Lombok Tengah menggelar rapat koordinasi (Rakor).

Pelaksanaan Rakor ini sesuai dengan surat undangan Nomor 005/1377.GT/Dikbud tertanggal 27 Mei 2022. Rakor membahas pemanfaatan media sosial untuk pendidikan, Selasa (31/5/2022) di SMAN 4 Praya.


Selain itu, Rakor juga diisi dengan bimbingan teknis menulis cepat, kreatif, dan bertanggungjawab berupa penulisan artikel berita.

Dalam kegiatan ini, Fairuz menjelaskan cara menulis artikel berita secara rinci dan lugas. "Saya ingin mengajak pemahaman bapak/ibu tentang bagaimana menentukan teras berita secara sederhana," ucapnya, Selasa (31/5).

Rakor berlangsung lancar dengan diskusi yang mengalir. Para peserta melakukan praktik menulis langsung. Fairuz berharap semua sekolah memiliki Tim Media yang solid guna publikasi kegiatan di sekolah.


"Kepala sekolah bisa membuat Surat Keputusan (SK) tugas tambahan yang dibiaya menggunakan anggaran sekolah," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir perwakilan SMAN 1 Pringgarata yaitu Muhamad Ali Muis selaku pembina media sekolah dan salah satu siswi, Selviana.

Menurut pembina media SMAN 1 Pringgarata yang akrab disapa pak Mooe itu mengatakan, kegiatan bimtek semacam ini sangat penting dilakukan guna menghadapi tantangan saat arus informasi yang sangat pesat.


"Bimtek ini dapat memberikan bekal bagi peserta dalam menyampaikan setiap informasi yang akurat di tengah pengaruh sosial media yang semakin kuat," kata Mooe yang juga merupakan guru mata pelajaran Sosiologi itu.

Lebih lanjut Ia memaparkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu alasan dibukanya ekstrakurikuler Jurnalistik di SMAN 1 Pringgarata.

"Alhamdulillah ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Pringgarata paling baru tapi kita terus dorong siswa untuk memberikan kontribusi nyata dalam membantu kegiatan dokumentasi dan publikasi kegiatan sekolah serta menyumbangkan prestasi di tingkat provinsi berupa juara pertama penulisan berita," ungkapnya.

Comments