SMAN 1 Pringgarata Gelar "Day to Remember for SMAPTA A30"

Foto: Kepala SMAN 1 Pringgarata bersama Dewan Guru dan Tenaga Kependidikan saat moment bersalaman dengan peserta didik lulusan.

Mengingat telah berakhirnya masa pendidikan bagi peserta didik kelas XII tahun pelajaran 2021/2022, SMAN 1 Pringgarata (SMAPTA) menggelar acara pelepasan dan perpisahan. Kegiatan ini bertajuk "Day to Remember for SMAPTA A30" yang diselenggarakan hari ini, Rabu, 11 Mei 2022 bertempat di halaman sekolah.

Sebelumnya pengumuman kelulusan telah disampaikan pada Kamis (5/5/2022) lalu secara daring/online melalui website dan sosial media sekolah. Jumlah peserta didik yang dinyatakan lulus sebanyak 215 orang yang terdiri dari 117 laki-laki dan 98 perempuan.

Peserta didik tersebut tergabung dalam dua jurusan yaitu IPA sebanyak 3 rombel dan IPS sebanyak 4 rombel. Seluruh peserta didik telah dinyatakan lulus dan resmi dilepas atau dikembalikan kepada orangtua. Lulusan tahun ini merupakan angkatan yang ke-30.


Kepala SMAN 1 Pringgarata, H. Iwan Riawan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak maupun warga sekolah yang telah mendedikasikan diri untuk mendidik dan membimbing siswa selama mengenyam pendidikan.

"Terima kasih kepada guru, tenaga kependidikan maupun seluruh warga sekolah yang telah bersabar dan membimbing peserta didik selama mengenyam pendidikan," ucapnya pada, Rabu (11/5).

Kepada peserta didik, Kepala Sekolah berpesan agar terus semangat belajar dan berjuang meraih cita-cita. "Jangan pernah puas dengan pendidikan yang diperoleh saat ini, teruslah semangat dan berjuang karena perjalanan masih panjang," ungkapnya dengan penuh keharuan.


H. Iwan juga mengingatkan kepada seluruh lulusan agar menjaga nama baik sekolah pada jenjang pendidikan selanjutnya maupun pada saat terjun di tengah masyarakat. "Jaga nama baik almamater kalian," tegasnya.

Diakhir sambutannya, mewakili seluruh warga sekolah Ia menyampaikan permohonan maaf nya kepada peserta didik atas segala kekurangan dan kekhilafan selama mendampingi dalam proses pembelajaran maupun pada saat berinteraksi di luar kelas. "Kami mohon maaf apabila ada kata dan sikap yang tidak berkenan, semoga kalian menjadi orang yang sukses," pungkasnya.

Senada, dalam kesempatan yang sama Ketua Komite Sekolah, Khairil Anwar menyampaikan tiga pesan berharga kepada seluruh peserta didik yang telah lulus dan kepada warga sekolah. Pertama, peserta didik diminta jangan pernah puas dengan ilmu yang diperoleh pada jenjang pendidikan menengah.


"Jenjang pendidikan itu masih banyak hingga pendidikan tinggi jadi kalian jangan pernah puas sampai disini," ucap Khairil yang juga merupakan anggota dewan pendidikan provinsi NTB.

Pesan kedua, Khairil meminta semua lulusan untuk menjadi pemimpin masa depan dengan berkolaborasi guna menjadi manusia seutuhnya. Ketiga, warga sekolah harus membangun sinergitas untuk mewujudkan SMAN 1 Pringgarata yang unggul dan diperhitungkan oleh masyarakat luas.

"Saya minta persoalan-persoalan yang terjadi di internal sekolah hendaknya dapat diselesaikan dengan bijak melalui kerjasama yang baik," harapnya.

Rangkaian acara pelepasan dan perpisahan juga diisi dengan berbagai hiburan seperti tari Buluh Bambu khas Bangka Belitung, vocal solo dan duet yang ditampilkan oleh peserta didik kelas X dan XII. Pada akhir acara semua lulusan menerima Surat Keterangan Lulus (SKL) serta ditutup dengan moment bersalaman dan foto bersama.

Comments