Tanggal Pengumuman Berubah, Ini Waktu dan Tata Cara Pengumuman Kelulusan Kelas XII Terbaru



SEPUTAR PENDIDIKAN | Pengumuman kelulusan bagi siswa-siswi kelas XII SMA,SMK,SLB, Program Paket C atau sederajat seluruh Indonesia merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu. Dengan dibatalkannya Ujian Nasional  Tahun 2020 akibat penyebaran wabah Covid-19 membuat pengumuman kelulusan siswa tahun pelajaran 2019-2020 semakin menegangkan dan penuh rasa penasaran akan hasilnya.

Di Provinsi Nusa Tenggara Barat, berdasarkan surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB Nomor 022/2049.UM/Dikbud tanggal 21 April 2020, pengumuman kelulusan bagi siswa-siswi kelas XII semula akan diumumkan pada tanggal 04 Mei 2020 melalui media daring/online. Hal ini untuk menghindari kontak langsung di masa pandemi virus Covid-19 sesuai dengan peraturan pemeritah tentang pembatasan sosial (social distancing).

Akan tetapi, dengan terbitnya Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 tanggal 21 April 2020 tentang perubahan atas peraturan sekretaris jenderal kementerian pendidikan dan kebudayaan nomor 2 tahun 2020 tentang spesifikasi teknis, bentuk dan tata cara pengisian blangko ijazah pendidikan dasar dan pendidikan menengah tahun pelajaran 2019/2020, maka pengumuman kelulusan kelas XII ditetapkan TANGGAL 02 MEI 2020 paling cepat pukul 16.00 wita dan paling lambat pukul 22.00 wita. Ketetapan tersebut sesuai dengan surat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB dengan Nomor 421.3/2121.UM/Dikbud tanggal 27 April 2020.

Adapun ketentuan tata cara publikasi pengumuman kelulusan siswa kelas XII yaitu:
  1. Menggunakan media daring atau online di website sekolah atau Platform lainnya.
  2. Website terintegrasi dengan Link Menu untuk Print Out Surat Kelulusan Siswa secara Mandiri
  3. Website dapat dibuka pada berbagai perangkat
  4. Siswa dilarang melakukan pawai/konvoi dan aksi corat-coret (vandalisme)

Mengacu pada ketentuan yang termuat dalam surat Dikbud NTB, SMAN 1 Pringgarata kembali dapat dijadikan sebagai rujukan dalam mempersiapkan proses pengumuman melalui daring/online. Untuk melihat pengumuman, siswa dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut:
  1. Siswa cukup ketik : NIS#NISN (tanpa spasi) melalui aplikasi WhatsApp, contoh: 5729#0029290661
  2. Kemudian kirim ke Call Center SMANSAPRI (081907360013)
  3. Siswa akan mendapatkan pesan balasan otomatis dari sistem di WhatsApp yang berisi User ID & Password
  4. Siswa menggunakan User & Password tersebut untuk melihat Nilai dan Mencetak SKL (Surat Keterangan Lulus) di link : http://kelulusan.sman1pringgarata.sch.id/login
  5. Hasil SKL dapat dicetak sendiri dirumah masing-masing, untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
  6. Saat pengumuman kelulusan siswa DILARANG berkumpul di sekolah, konvoi dan corat coret pakaian seragam.
  7. Siswa tidak dapat memperoleh user & password jika belum menyelesaikan tugas, belum mengikuti salah satu mata ujian sekolah atau salah satu mata ujian praktek mapel umum, dan belum menyelesaiakan administrasi akademik. Untuk itu, agar segera menghubungi Wali kelas masing-masing atau bapak/ibu guru yang bersangkutan.

Demikian informasi perubahan tanggal dan tata cara pengumuman kelulusan siswa kelas XII, semoga bermanfaat.

Comments