Sejarah Berdirinya Nahdlatul Banat Diniah Islamiah (NBDI)

Terbentuknya/didirikannya Nahdlatul Banat Diniah Islamiah oleh Maulana Syekh, TGKH. Muhammad Abdul Majid, yang pada awalnya beliau mendirikan Madrasah Al Mujahidin dan kemudian mendirikan Nahdlatul Wathan Diniah Islamiah(NWDI), yang khusus untuk mendidik kaum laki-laki. Namun ketika beliau melihat keadaan yang sangat memprihatinkan bagi kaum wanita yang pada umumnya mengalami kerusakan moral akibat  peristiwa penjajahan Jepang pada masa itu.

Akhirnya, karena keadaan yang seperti itu, Beliau mendirikan lembaga pendidikan yang khusus untuk mendidik kaum wanita yaitu, Nahdlatul Banat Diniah Islamiah(NBDI). Setelah berjalannya lembaga pendidikan ini, membuat para kaum wanita menjadi lebih baik.

A. Awal Berdirinya Nahdlatul Banat Diniah Islamiah (NBDI).
Untuk mengembangkan madrasah yang telah Beliau dirikan sebelumnya yaitu Nahdlatul Wathan Diniah Islamiah (NWDI). Yang telah menamatkan angkatan pertama pada tahun 1941. Beliau mendirikan madrasah khusus untuk wanita yaitu Madrasah Nahdlatul Banat Diniah Islamiah (NBDI). Pada tanggal 15 Rabi’ul Akhir 1362 H. yang bertepatan dengan tanggal 12 April 1943 M. adapun yang melatarbelakangi pendirian madrasah NBDI itu sendiri, oleh Maulana Syekh yakni dengan pada satu prinsip bahwa pendidikan bagi kaum wanita sangatlah penting karena kaum wanita adalah modal bilad (tiang negara). Artinya, kalau kaum wanitanya baik, maka baiklah suatu Negara dan begitu juga sebaliknya.

Adapun mata pelajaran yang diajarkan di madrasah Nahdlatul Banat Diniah Islamiah sama dengan mata pelajaran  yang di ajarkan di Madrasah NWDI yaitu Membaca Al-Qur’an, Tajwid, Tafsir, ushul Tafsir, Hadits, Tauhid, Fiqih, Ushul Fiqih, Tashawuf, Tarikh, Ilmu-ilmu bahasa Arab seperti Nahwu, Sharaf, Balagoh, ‘Arud, Ilmu falak, Manthiq dan lain-lain. Waktu belajarnya dilaksanakan pada sore hari, yakni dari pukul 13.30-17.00 WITA dan menamatkan angkatan pertama pada tahun 1949.

Diantara alumni (Abrituren), NWDI maupun NBDI yang kembali ke kampong halamannya, ada yang mendirikan Madrasah cabang NWDI dan NBDI, di samping mengadakan kegiatan dakwah dan social di berbagai daerah.

B. Sebab-Sebab Didirikannya Nahdlatul Banat Diniah Islamiah (NBDI)

Begitu panjang perjalanan perjuangan Maulana Syekh dalam memperjuangkan harkat dan martabat kaum muslimin, muslimat khususnya bagi kaum wanita, tidak lepas dari banyaknya dorongan-dorongan dan motivasi baik dari keluarga bahkan dari luar atau keadaan dimasa itu, diantaranya:

1. Dorongan dari Isteri-Isteri Beliau yang Kasihan Terhadap Kondisi Kaum Wanita masa itu.

Yang dimana pada masa itu kaum perempuan sangatlah memperihatinkan terlihat dari banyaknya kerusakan moral oleh keadaan pada masa itu. Oleh sebab itu, istri beliau selalu mengajak dan membujuk untuk supaya Maulana Syekh segera mendirikan suatu bentuk lembaga pendidikan dalam upaya memperbaiki moral kaum wanita pada masa itu, Akhirnya, Beliau mendirikan madrasah Nahdlatul Banat Diniah Islamiah (NBDI). Yang sekarang bernama Mu’allimat.

2. Kekejaman Penjajah Jepang

Kekejaman penjajah Jepang yang tidak memandang bulu pada masa itu merusak moral kaum wanita, juga merupakan alas an beliau mendirikan NBDI untuk mengurangi kejadian-kejadian yang sangat keji dan merusak tersebut. Dimana pada  saat itu terjadi pemerkosaan dimana-mana sehingga inilah yang menjadi beban masyarakat pada masa itu.

3. Kehilangan Moral Kaum Wanita Pada Masa Itu

Seperti yang telah dibahas pada sebelumnya bahwasanya kehilangan moral kaum wanita, yang di sebabkan oleh kebodohan dan keterbelakangan baik dalam bidang ilmu pengetahuan, psikologi, agama, dan umum. Yang nampaknya hal ini di sengaja di lakukan oleh penjajah jepang yang tentunya untuk menindas kaum wanita.

Dengan beberapa alasan di atas tersebutlah, Maulana Syekh mendirikan lembaga pendidikan yang khusus untuk wanita yang dinamakan Nahdlatul Banat Diniah Islamiah (NBDI). Jadi, sepantasnya kita bersyukur yang sangat mendalam dan luar biasa kepada beliau yang telah memperjuangkan semua itu untuk kita semua. Alhamdulillah.

Singkatnya, Nahdlatul Banat Diniah Islamiah (NBDI) merupakan lembaga pendidikan yang didirikan oleh ulama besar TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid untuk mengajar umat islam khususnya para kaum wanita untuk memperbaiki moral pada masa itu yang tentunya dengan motivasi-motivasi dari istri-istri beliau. Disamping kondisi pada masa itu pula yang sangat memprihatinkan. Dan harapannya kedepan bahwa dengan mendirikan NBDI ini, dapat kita laksanakan ajaran-ajaran Islam dengan sempurna berdasarkan mazhab Ahlussunnah wal Jama’ah. Amien.

Comments