Peringatan Maulid Nabi Momentum Perkokoh Karakter


Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMAN 1 Selong berlangsung khidmat. Tema yang diusung yakni "Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Marilah Kita Selalu Meneladani Akhlak Serta Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Untuk Membangun Karakter". Acara ini diselenggarakan pada Jum'at, 13 Oktober 2023.

Acara Maulid dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, Sholat Dhuha berjamaah, penampilan Hadroh oleh ekstrakurikuler Rohis, dan pengajian inti tentang hikmah Sirah Nabawiyah.

Kepala SMAN 1 Selong, Dr. Sri Wahyuni dalam sambutannya mengajak seluruh warga sekolah di tengah padatnya kegiatan sekolah agar meluangkan waktu dan pikiran untuk memperingati Maulid Nabi sebagai bentuk rasa syukur dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

"Hal ini bagian dari upaya kita mewujudkan karakter yakni meningkatkan ketakwaan kita. Semuanya untuk keselamatan kita di dunia dan akhirat," ucapnya.

Kepala sekolah kembali menegaskan bahwa melalui visi sekolah yang "Berkarakter, Cendekia, dan Berdaya Saing Global" mampu mewujudkan generasi hebat. "Kalian (siswa) adalah anak-anak hebat, insyaAllah bisa bersaing dengan siapapun," tegasnya.

Pada acara inti, Ust. Ilham Ulul Azmi, Lc. selaku penceramah pertama mengungkapkan pentingnya menjaga rasa sayang kepada Nabi Muhammad SAW. Harapannya kelak umatnya mendapatkan syafaat beliau. "Kegiatan ini merupakan bentuk manifestasi kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW," ungkapnya.

Senada, TGH. M. Zainuddin Ruslan, Lc. selaku penceramah kedua menegaskan keharusan umat muslim untuk menjaga silaturrahmi dan menumbuhkan kecintaan kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW. Untuk meningkatkan kecintaan dapat dilakukan dengan mempelajari Sinah Nabawiyah.

"Perbanyak literasi keagamaan kita, tips menyenangi dalam membaca sirah nabawiyah yakni dengan memahami konflik yang dihadapi Rasul dan solusi yang diberikan," ucap Tuan Guru Ruslan yang juga merupakan mahasiswa pasca sarjana Universitas Al Azhar itu.

Tuan Guru juga menceritakan berbagai kesuksesan Rasul dalam membawa ajaran Agama Islam sampai pada puncak kejayaannya. Sebagai umat muslim hal ini patut disyukuri sebagai nikmat dan karunia dari Allah SWT.

Comments