Peringatan Hari Sumpah Pemuda Momentum Refleksi Persatuan dan Kesatuan

Foto: Dokumen resmi SMAN 1 Selong pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023.

Keluarga besar SMAN 1 Selong menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 pada Sabtu, 28 Oktober 2023. Upacara diikuti oleh seluruh dewan guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik dengan memakai pakaian adat tradisional.

Wakil Kepala Sekolah bidang Sarana dan Prasarana yang bertindak sebagai pembina upacara, Drs. Safruddin dalam amanatnya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang turut serta menyukseskan penyelenggaraan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda. Menurutnya, kegiatan ini bagian dari wujud syukur dan penghargaan terhadap sejarah bangsa Indonesia.

"Yang paling penting adalah bagaimana kita bisa mengambil pelajaran dari momen penting dalam sejarah yang merupakan cikal bakal kemerdekaan kita ini yang dimulai dari kesadaran para generasi muda saat itu untuk mempersatukan bangsa ini melalui ikrar sumpah pemuda," ungkapnya pada, Sabtu (28/10/2023).

Labih lanjut, Drs. Safruddin menuturkan bahwa bangsa ini lahir dari semangat perjuangan para pemuda meski berlatar belakang agama, suku dan budaya yang berbeda. Ia berharap nilai-nilai perjuangan dan semangat menjaga persatuan dan kesatuan harus dilestarikan dan diwariskan kepada pada pemuda saat ini.

"Terutama sekali dalam menghadapi gejolak dan berbagai permasalahan bangsa ini, kita tidak boleh larut dalam persoalan itu akan tetapi kita harus kembali pada komitmen untuk mempersatukan bangsa ini yang utuh dalam rangka mencapai tujuan bersama," tegasnya.

Kepada warga sekolah, Ia berpesan agar momen upacara peringatan hari Sumpah Pemuda dapat dijadikan sebagai booster atau penguat dalam menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah, khususnya di dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran maupun kegiatan-kegiatan lainnya diharapkan berjalan maksimal guna mewujudkan visi dan misi SMAN 1 Selong dalam meningkatkan prestasi peserta didik.

"Kita sebagai guru dan tenaga kependidikan diharapkan dapat menunjukkan kekompakan dalam berbagai hal untuk mewujudkan cita-cita dan mimpi bersama untuk menjadikan SMAN 1 Selong menjadi sekolah yang terdepan," pungkasnya.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda mengacu pada surat edaran Kepala SMAN 1 Selong nomor 936/003/SMA.01/X/2023 tertanggal 26 Oktober 2023 sebagai tindak lanjut dari surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB nomor 232/4540.UM/DIKBUD tertanggal 24 Oktober 2023 tentang himbauan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023.

Comments