Tujuh Pengetahuan yang Harus Dimiliki Guru dalam Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran

Pembelajaran menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah bukan semata menggunakan teknologi, melainkan lebih daripada itu. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dapat digunakan dalam menentukan jenis media dan sumber belajar yang akan digunakan oleh guru guna mendukung proses pembelajaran itu sendiri. Untuk itu, peran guru sangat penting dalam pemanfaatan TIK secara optimal.

Rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran barangkali disebabkan oleh kurangnya peran guru dalam melakukan praktik pedagogi (ilmu mengajar) yang efektif dan guru kurang menguasai materi subjek (konten) serta minim dalam mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan pembelajaran.

Pengetahuan guru tentang pedagogi, konten materi pembelajaran, dan teknologi mestinya harus saling berkesinambungan dan beririsan guna membentuk kerangka Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) (Koehler & Mishra 2009 dalam Modul Belajar 07 Tentang Pemanfaatan Media TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, dan M-Edukasi dalam Pembelajaran).

Kerangka TPACK merupakan suatu kerangka kerja guru untuk memahami dan menggambarkan jenis pengetahuan yang dibutuhkan oleh seorang guru guna mengefektifkan praktik pedagogi dan pemahaman konsep dengan mengintegrasikan sebuah teknologi di lingkungan pembelajaran. Terdapat 3 jenis pengetahuan dasar yang membentuk kerangka TPACK, yaitu Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Content Knowledge (CK).


Perpaduan ketiga pengetahuan dasar tersebut dapat menghasilkan pengetahuan 4 pengetahuan baru, yaitu Pedagogical Content Knowledge (PCK), Technological Content Knowledge (TCK), Technological Pedagogical Knowledge (TPK), dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Adapun uraian mengenai makna dari setiap pengetahun tersebut diantaranya:

1. Technological Knowledge (TK)
Technological Knowledge atau pengetahuan teknologi adalah pengetahuan tentang jenis teknologi sebagai alat, proses, maupun sumber. TK juga meliputi kemampuan untuk mengadaptasi dan mempelajari teknologi baru.

2. Pedagogical Knowledge (PK)
Pedagogical Knowledge atau pengetahuan pedagogi merupakan kemapuan guru dalam mengetahui teori dan praktik mengajar mulai dari perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran. PK juga termasuk dalam pengetahuan tentang teknik atau metode yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas serta upaya evaluasi terhadap kemampuan peserta didik. Guru yang memiliki pengetahuan pedagogi yang baik akan mampu memahami bagaimana peserta didik membangun pengetahuan, memperoleh keterampilan, dan bagaimana peserta didik mengembangkan kebiasaan pikiran.


3. Content Knowledge (CK).
Content Knowledge atau pengetahuan konten materi pembelajaran merupakan pengetahuan yang harus dimiliki oleh guru dalam memahami materi yang tepat untuk dipelajari oleh guru dan kemudian diajarkan kepada peserta didik. Kemampuan CK mencakup konsep, teori, ide, kerangka kerja organisasi, pembuktian dan bukti, serta praktik dan pendekatan yang telah ditetapkan untuk mengembangkan pengetahuan tersebut.

4. Pedagogical Content Knowledge (PCK)
Pedagogical Content Knowledge atau pengetahuan pedagogi konten adalah proses pengampaian (transformasi) materi pelajaran dala proses pembelajaran di kelas. Pada kemampuan ini guru dapat menafsirkan materi pelajaran, menyesuaikannya dengan pengetahuan peserta didik sebelumnya, dan menemukan berbagai cara untuk menyampaikannya.

5. Technological Content Knowledge (TCK)
Technological Content Knowledge atau pengetahuan teknologi konten merupakan pengetahuan yang harus dimiliki guru tentang timbal balik antara teknologi dengan konten.. Dalam hal ini guru garus mampu memahami teknologi spesifik yang paling cocok untuk menjelaskan materi pembelajaran tertentu dan bagaimana konten disampaikan dengan teknologi atau sebaliknya.


6. Technological Pedagogical Knowledge (TPK)
Technological Pedagogical Knowledge atau pengetahuan teknologi pedagogi merupakan pengetahuan tentang berbagai teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi peroses pembelajaran.

7. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)
Technological Pedagogical Content atau pengetahuan teknologi pedagogi dan konten adalah pengetahuan tentang penggunaan teknologi yang tepat pada pedagogi yang sesuai untuk mengajarkan suatu konten dengan baik.

Pada era digital saat ini penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi suatu keniscayaan. Dengan demikian, ketujuh pengetahuan tersebut harus dikuasai oleh setiap guru dalam melaksanakan pembelajaran guna menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, efektif, dan efisien.

Sumber: Modul 07 PembaTIK tentang Pemanfaatan Media TV Edukasi, Radio Suara Edukasi, dan M-Edukasi dalam Pembelajaran oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020.

Comments