Mengenal Fungsi dan Pendekatan Penilaian dalam Pembelajaran



Komponen terpenting dalam proses pembelajaran salah satunya yakni penilaian hasil belajar peserta didik. Penilaian terhadap capaian hasil belajar peserta didik dapat dilakukan selama proses pembelajaran maupun setelah proses pembelajaran. Dengan melakukan penilaian pendidik dapat mengetahui secara detil progres perkembangan kompetensi peserta didik.

Penilaian merupakan bagian yang terintegrasi dengan proses pembelajaran, artinya penilaian tidak boleh dipisahkan dari proses pembelajaran. Dalam melakukan penelitian pendidik dapat menerapkan tiga pendekatan yakni:

1. Assessment of Learning

Assesment of learning merupakan pendekatan penilaian yang dilakukan setiap proses pembelajaran berakhir. Pendidik melakukan penilaian di akhir tahun untuk memberikan simpulan terhadap hasil capaian kompetensi peserta didik sebagai laporan kepada wali murid. Penilaian ini biasanya merupakan bentuk penilaian sumatif seperti ujian sekolah dan ujian nasional.

2Assessment for learning

Pendekatan penilaian ini merupakan kegiatan penilaian selama proses pembelajaran berlangsung dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar. Pendidik dapat memberikan umpan balik terhadap proses belajar peserta didik, monitoring kemajuan, dan menentukan arah kemajuan belajarnya. Bentuk penilaian dengan pendekatan ini dapat berupa penugasan, presentasi, proyek, dan kuis.

3. Assessment as learning

Penilaian dengan menggunakan pendekatan assessment as learning memiliki fungsi formatif dan dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Pendekatan ini hampir sama dengan assesment for learning, perbedaannya hanya pada keterlibatan peserta didik secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Dengan demikian peserta didik mendapatkan pengalaman baru menjadi seorang penilai bagi dirinya sendiri. Penilaian yang dilakukan tetap mengacu pada pedoman/rubrik penilaian dan kriteria. Contoh penilaian dengan pendekatan ini seperti penilaian diri dan penilaian antar teman


Baca juga :

1. Macam-macam Teknik Penilaian Sikap

2. Macam-macam Teknik Penilaian Keterampilan

3. Macam-macam Teknik Penilaian Pengetahuan

4. Macam-macam Kecerdasan Peserta Didik

Comments