Hardiknas 2024: Terus Bergerak Lanjutkan Merdeka Belajar

Foto: Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka SMAN 1 Selong pada Peringatan Hardiknas 2024

Upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei 2024 digelar penuh semangat di SMAN 1 Selong. Hardiknas 2024 mengusung tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar".

Kepala SMAN 1 Selong, Dr. Sri Wahyuni dalam amanatnya menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Mendikbudristek mengingatkan lima tahun perjalanan gerakan Merdeka Belajar yang penuh dengan tantangan dalam melakukan perubahan.

"Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang sudah kita upayakan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan," ucap Kepala Sekolah membacakan isi pidato Mendikbudristek, Senin (2/5/2024).

Menteri Nadiem juga dalam pidatonya secara tulus menyampaikan ucapan terima kasih atas perjuangan yang dilakukan oleh semua pihak yang mendukung gerakan Merdeka Belajar. Ucapan ini disampaikan diujung pengabdiannya sebagai Menteri.

"Dengan penuh harapan, saya titipkan Merdeka Belajar kepada Anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan," kata Nadiem mengakhiri pidato tertulisnya.

Menanggapi isi pidato Menteri Nadiem, Kepala Sekolah menegaskan kembali pentingnya memanfaatkan momentum Hardiknas 2024 sebagai refleksi perjalanan pendidikan yang sudah dilakukan selama ini. Kepala sekolah mengajak seluruh warga sekolah untuk terus bergerak melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

"Mari kita terus bergerak melakukan perubahan ke arah yang lebih baik untuk mewujudkan Merdeka Belajar," ujarnya.

Kepada peserta didik, Kepala Sekolah juga berpesan agar tidak takut bermimpi setinggi-tingginya  meraih masa depan yang cemerlang. "Teruslah bermimpi serta iringi dengan do'a dan usaha yang maksimal," pesannya.

Pelaksanaan Hardiknas 2024 mengacu pada surat Mendikbudristek nomor 11911/MPK.A/TU.02.03/2024 tertanggal 22 April 2024. Surat ini ditujukan kepada kementerian/lembaga, duta besar, gubernur, bupati/wali kota, pimpinan perguruan tinggi dan lain-lain. Surat ini menjadi pedoman pelaksanaan peringatan Hardiknas 2024 secara utuh dan menyeluruh.

Comments