SMAN 1 Pringgarata Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila


Pringgarata | Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022, segenap guru beserta tenaga kependidikan dan peserta didik SMA Negeri 1 Pringgarata menggelar upacara bendera di lapangan sekolah pada Sabtu, 01 Oktober 2022.

Upacara ini berlangsung tertib dan lancar dimana petugas pada upacara ini adalah anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap para pahlawan revolusi.

Kepala SMA Negeri 1 Pringgarata H. Iwan Riawan S.Pd, M.Pd, mengungkapkan bahwa upacara ini adalah salah satu upaya untuk menyemangati peserta didik sebagai generasi milenial, penerus yang akan memimpin bangsa.

"Upacara ini adalah salah satu untuk menyemangati generasi milenial sebagai generasi penerus bangsa agar mampu untuk mempertahankan perjuangan pahlawan, terlebih masa sekarang yang semakin banyak tantangan baik internal maupun eksternal," ungkapnya usai memimpin pelaksanaan upacara, Sabtu (01/10/2022).

Lebih lanjut, H. Iwan mengingatkan peserta didik agar tidak terbawa arus dampak globalisasi yang negatif. "Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, harapannya agar siswa mampu untuk memilih yang baik dan yang tidak baik sebagai generasi yang akan memimpin bangsa, pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu peserta upacara, Natalia Ananda Putri siswi kelas XII IPA 2 mengatakan bahwa upacara berlangsung dengan suasana sumringah karena petugas upacara melaksanakan dengan optimal.

"Upacara tadi pagi dari awal sampai akhir berjalan dengan lancar, suasana upacara pun terbilang sumringah karena petugas upacaranya melaksanakan dengan optimal terutama pengibar bendera," ujarnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila berpedoman pada surat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia nomor : 59868/MPK.F/TU.02.03/2022 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022.

Comments