Kegiatan KKN Desember 2020 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya – Perancangan Rumah Baca Dusun Kekalek Desa Murbaya Kecamatan Pringgarata.

Disusun oleh:

Nama : Rohaini

NIM : 1451700044


Perancangan Rumah Baca sebagai fasilitas belajar di masa pandemi covid-19 untuk Anak-Anak Dusun Kekalek Desa Murbaya Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah NTB.

Lombok Tengah dalam upaya penanganan pandemi covid-19, pemerintah Indonesia mewajibkan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran covid-19 seperti kontak sosial, kerja daring, sekolah daring, rajin mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer serta masker atau pelindung wajah jika harus berinteraksi sosial dengan jarak dekat.


Untuk mematuhi protokol kesehatan kami telah menyediakan tempat cuci tangan dilengkapi dengan sabun. Sementara itu anak-anak di Dusun Kekalek ini memiliki kesulitan dalam mengikutinya. Karena keterbatasan ekonomi dan waktu yang dimiliki orang tuanya untuk mendampingi mereka.

Dari analisa diatas, maka dapat disimpulkan bahwa di Dusun Kekalek ini pandemi covid-19 menyebabkan masalah, yaitu :

  • Selama pandemi covid-19 anak-anak di Dusun Kekalek kesulitan menjalankan sekolah daring karena keterbatasan ekonomi untuk memiliki akses internet.
  • Kurangnya fasilitas belajar dimasa pandemi covid-19.
  • Kurangnya waktu yang dimiliki orang tua untuk mendampingi kegiatan sekolah daring tersebut.


Melihat masalah yang dihadapi, maka dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tahun 2020, maka saya sebagai pengusul memberikan solusi berupa :

  • Perancangan Rumah Baca sebagai fasilitas sekolah daring untuk anak-anak di Dusun Kekalek Desa Murbaya Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
  • Menyediakan fasilitas belajar seperti buku-buku, meja belajar, alat tulis, dll.
  • Menjadi sukarelawan pendampingan anak-anak yang memanfaatkan Rumah Baca.



Dalam 12 hari pelaksanaan kegiatan, anak-anak Dusun Kekalek Desa Murbaya Kecamatan Pringgarata sangatlah antusias dengan adanya Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, dilihat dari kehadiran anak-anak yang hampir 92% hadir selama kegiatan berlangsung. Secara keseluruhan kegiatan berjalan lancar dengan mempertimbangkan berbagai kebutuhan dan protokol kesehatan yang berlaku serta bimbingan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Niken Adriaty Basyarach, ST.,MT.

Semoga dengan adanya kegiatan ini mampu memperbaiki citra belajar yang dapat menarik anak-anak yang melaksanakan sekolah daring dan anak-anak kedepannya dapat terbiasa menerapkan protokol kesehatan. Dalam Perancangan Rumah Baca upaya pemutusan penyebaran covid-19 sudah di laksanakan dengan maksimal.


#KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

Comments