Wakili NTB, SMAN 1 Pringgarata Juara Nasional LGU 2019

Foto Kontingen NTB bersama Kemdikbud dan Kwarnas

SMAN 1 Pringgarata | Kemah Pendidikan Penguatan Karakter melalui Kepramukaan (KEPAK) yang dirangkai dengan kegiatan Lomba Gugus Depan Unggul (LGU) Tingkat Nasional 2019 telah usai diselenggarakan di Citra Alam Riverside dan Hotel Grand Ussu, Cisarua Bogor Jawa Barat pada 9 November 2019.

Kegiatan Kepak dan LGU yang diselenggarakan selama 6 (enam) hari sejak tanggal 4 November 2019 lalu berjalan dengan lancar. Kepak diikuti oleh 34 provinsi dengan jumlah peserta dari masing-masing provinsi sebanyak 10 siswa dan 2 pembina/pendamping dari gugus depan unggul tingkat provinsi. Sehingga jumlah peserta seluruhnya sebanyak 340 siswa dan 68 pembina/pendamping se Indonesia.

SMAN 1 Pringgarata sebagai wakil provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengirim ketua gudep/pembina Muhamad Ali Muis, S.Pd dan Heriyadi, S.Sos (Pembina Putra), Sriharyati, SE. dan Qoimatun Nisa’, S.Pd (Pembina Putri), M. Faras Arbiansyah dan Alisiya Kornelia Ulandari (Pradana Putra/Putri) mengikuti LGU. Sementara 8 siswa lainnya merupakan siswa dari beberapa kabupaten/kota di NTB mengikuti Kepak.

Berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam event bergengsi tersebut diikuti oleh peserta dengan sangat antusias baik peserta Kepak maupun peserta LGU dari sekolah/pangkalan SMA yang mewakili provinsi masing-masing.

Penilaian LGU terdiri dari dokumen profil dan portopoilio, presentasi, dan expo hasta karya gugus depan. Presentasi dipaparkan oleh Heriyadi, Qoimatun, Nisa’, Faras, dan Ulan. Dengan kolaborasi yang baik, pangkalan SMAN 1 Pringgarata atas nama NTB berhasil melaju ke babak final bersama provinsi DKI Jakarta, Bali, Jawa Tengah, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Utara pada tahap penyisihan. Pada babak final NTB akhirnya meraih juara harapan II (5 besar).

Adapun rincian daftar juara LGU antara lain:

1. Juara I : Jawa Tengah
2. Juara II : Bali
3. Juara III : DKI Jakarta
4. Juara harapan I : Sulawesi Barat
5. Juara Harapan II : NTB
6. Juara Harapan III : Sulawesi Utara

Pembina Pramuka SMAN 1 Pinggarata

Prestasi tersebut menurut pembina Pramuka SMAN 1 Pringgarata Muhamad Ali Muis yang akrab disapa Kak Mooe itu mengungkapkan rasa syukur yang mendalam atas capaian tersebut. Menurut Kak Mooe, meski NTB tidak masuk 3 besar atau hanya meraih juara harapan II, Dia tetap bersyukur dan tidak berkecil hati. Mengingat LGU tahun ini merupakan penyelenggaraan pertama untuk jenjang SMA maka ini merupakan pengalaman yang sangat berharga.

“Ini merupakan LGU pertama jenjang SMA, jadi saya tetep bersyukur dengan capaian tersebut tanpa harus berkecil hati tidak masuk 3 besar nasional”. Ungkapnya.

Kak Mooe juga manambahkan bahwa kontingen NTB selama mengikuti kegiatan telah berusaha maksimal dengan melakukan yang terbaik sesuai dengan kemampuan sehingga apapun hasilnya harus diterima dengan lapang dada.

“Kita sudah memberikan yang terbaik jadi apapun hasilnya harus kita terima”. Tutupnya.


Disamping itu, salah satu peserta dari Kontingen NTB juga meraih penghargaan sebagai peserta terbaik Kepak Nasional 2019 yakni L. Al Muhajir.

Terkait dengan prestasi tersebut, apresiasi yang luar biasa juga disampaikan oleh kepala SMAN 1 Pringgarata bapak Hulwani, S.Pd.,MM. Beliau mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas kerjasama yang baik dilakukan oleh semua pihak khususnya antara pembina dan siswa sehingga dapat meraih prestasi tersebut di tingkat nasional.

“Alhamdulillah sudah berfikir dan berbuat banyak tidak mengenal kata lelah dan tidak menyerah. Terima kasih kepada pembina, pelatih, dan anak-anak anggota pramuka yang sudah berkali kali membanggakan sekolah dengan berbagai ide dan kreatifitasnya”. Ungkapnya.

Beliau berharap dengan prestasi yang diraih dapat membanggakan semua pihak. “Dan pada akhirnya kelak semua tercatat sebagai orang-orang yang bisa membanggakan orang tua, guru, masyarakat, dan bangsa’. Harapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DIKBUD) Provinsi NTB bapak Ihwan melalui pesan whatsapp kepada pembina pramuka SMAN 1 Pringgarata menyampaikan ucapan terimakasih atas prestasi yang diraih. Menurut beliau, prestasi tersebut merupakan sebuah kebanggaan karena LGU tingkat nasional 2019 merupakan penyelenggaraan pertamakalinya untuk jenjang SMA dan NTB berhasil menorehkan prestasi.

“Terimakasih atas prestasi yang diraih pak, sebuah kebanggaan karena baru tampilan pertama di LGU nasional langsung dapat juara walaupun harapan II. Sekali lagi terimakasih semeton”. Tulisnya.

Comments